3 Rahasia Berjualan Via Online Agar Laku Keras

Banyak pemula yang ingin berjualan via online khususnya diinternet ingin laku keras. Yup, semua orang ingin seperti itu. Tetapi masalahnya bagaimana caranya ya?

Oke, berikut 3 tips yang bisa anda pakai agar jualan atau bisnis anda laku keras di internet:

1. Tawarkan Harga Yang Murah

Untuk awal berjualan online, salah satu trik yang paling jitu adalah dengan menjual barang dagangan Anda semurah mungkin. Bahkan kalau memungkinkan harus benar-benar harganya jauh lebih rendah dibandingkan harga pasaran. Banyak orang yang sering membandingkan harga barang pada sebuah toko online satu dengan toko online yang lainnya.

Jika memang produk Anda dijual lebih murah pastinya mereka akan memilih membeli kepada Anda. Hitung-hitung ini adalah harga promosi sementara atau sebagai pengenalan. Namun jangan sampai Anda rugi dalam hal ini. Tetap harus mendapatkan keuntungan meskipun mungkin lebih sedikit.

Sebagai contoh adalah produk sebuah kamera yang dibeli dari distributor dengan harga Rp 500 ribu dan untuk harga umum adalah Rp 600 ribu. Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 580 ribu atau mungkin lebih rendah.

Beruntunglah karena pada jual beli bisnis online, tidak ada aturan yang ketat mengenai penetapan harga pasaran. Dibandingkan dengan jual beli konvensional, mungkin Anda bakal mendapat teguran dari sesama pedagang.

2. Berikan Layanan Bebas Ongkos Kirim

Jika Anda enggan memberi harga yang murah lebih rendah dari harga pasaan, maka ada satu trik lain yakni dengan memberi bebas ongkos kirim. Trik ini juga sangat jitu untuk menarik konsumen membeli produk pada toko online Anda. Bayangkan saja, pembeli sering kali merasa keberatan karena harus membeli produk dan menanggung biaya ongkos kirim.

Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali konsumen atau pembeli yang akhirnya melakukan pembatalan pembelian produk secara online setelah mereka mengetahui total harga barang yangmereka beli ditambah dengan biaya ongkir. Jadi trik ini dianggap cukup efektif sekali menarik pembeli.

Namun apabila Anda masih merasa ragu atau masih memusingkan perhitungan laba karea memberikan bonus gratis biaya ongkos kirim, bisa saja menggunakan strategi lain. Sebagai contoh adalah dengan menggratiskan biaya kirim barang jika pembeli hendak membeli barang senilai tertentu atau dengan jumlah tertentu. Atau mungkin bonus bebas ongkos kirim bisa dikenakan pada pembeli yang lokasinya masih satu pulau maupun satu provinsi dengan pihak seller.

Tentu beban biaya ongkos kirim lebih ringan dibandingkan daerah lain yang lebih jauh. Maka dari itulah terkadang Anda melihat lapak dagangan yang menuliskan “bebas ongkos kirim untuk wilayah pulau Jawa dan Bali”.

3. Memberikan Barang Tambahan Sebagai Bonus

Trik pertama dan kedua tentu saja dianggap sangat jitu mendongkrak reputasi toko online/bisnis Anda. Masihkah ada cara lain yang lebih ekstrim? Pastinya ada, yakni dengan memberikan sebuah barang tambahan sebagai bonus dari pembelian.

Saya sarankan barang bonus tersebut memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan harga barang utama, karena jika tidak justru Anda yang akan rugi. Contohnya, Anda memiliki produk kamera pada toko online. Maka bonus barang yang bisa ditambahkan mungkin adalah filter untuk lensa, atau gantungan strap atau mungkin bisa berupa tas wadah kamera.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis anda ya. Komentar dan saran bisa anda tulis dibawah.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: