Informasi Dasar Membangun Link Buliding SEO

Kita tahu bahwa Backlink sangat penting dan sangat krusial untuk mendapatkan ranking di SEO, baik itu di google, yahoo, bing ataupun search engine lainnya. Backlik ini juga sangat penting posisinya dalam rangka untuk melakukan strategi SEO Offpage.

Lalu pertanyaannya, mengapa setelah kita banyak melakukan backlink ternyata tidak memberikan rangking kepada website kita?

Tentu hal ini pasti banyak dialami oleh pemula. Yang sangat menentukan rangking bukan hanya banyaknya link, tetapi KUALITAS link.

Apa maksud dari kualitas link? Kualitas link adalah outbound link yang berada di website yang mempunyai Page Rank (PR) tinggi dan mempunyai interaksi sosial yang bagus. Hal ini berkaitan dengan alogaritma google pinguin yang baru luncurkan tanggal 24 april Tahun 2012.

Ada beberapa jenis link yang harus kita ketahui saat membangun linkbuilding untuk SEO Offpage, yaitu:

1. Pondasi Link:

Link ini diantaranya berasal dari web 2.0, article marketing, social bookmark, forum, blog comenting, directory dan website yang mempunyai PR dibawah 1.

2. Social Link:

Seperti facebook, twitter, google+ dan lain lain. Website yang mempunyai social link adalah website yang memliki plugin sosial. Ini akan memberikan trust kepada pengunjung dan search engine.

3. High Link:

Untuk high link ini adalah website yang mempunyai PR diatas 2. Karena website-website ini telah memiliki trust dari search engine.

Itulah beberapa hal yang harus kerjakan jika ingin membangun link building dan mendapatkan rangking yang bagus. Namun, jika website anda belum mendapatkan posisi ranking yang bagus, ada baiknya anda cek kompetisinya. Jangan-jangan pasar dari kata kunci yang anda bidik terlalu kompetitif.

Tips SEO Offpage

Ada beberapa informasi yang anda harus ketahui tentang SEO Offpage, yaitu:

– SEO adalah masalah waktu, selama anda terus membangun link, pada waktunya anda akan mendapatkan Rangking.

– Link itu seperti VOTING, Banyak link akan berdampak pada rangking website anda.

– Beberapa link mempunyai dampak yang buruk. Jadi fokuslah pada qualitas link dari linkbuilding anda.

– Selalu cek dan tanamkan link kepada website yang  memiliki dofollow link. Tapi, jangan lupa untuk nofollow juga, walaupun sedikit tetapi memberikan status normal kepada search engine.

– Linkbuilding terus berlanjut sampai anda mendapatkan ranking #1 yang permanen.

– banyak orang gagal karena mereka tidak melanjutkan linkbuilding.

Oke, itu beberapa informasi yang perlu anda ketahui saat membangun linkbuilding.

Banyak strategi internet marketer yang digunakan saat membangun linkbuilding, diataranya membuat jalur strategi link. Dan sampai saat ini juga saya masih memakainya. Anda bisa lihat gambar dibawah:

linkbuilding

Anda bisa lihat bahwa link yang tidak keluar (outbound link) adalah website kita sendiri. Tetapi, setelah google pinguin muncul, maka hal ini dirasakan perlu. Caranya sangat mudah, yaitu memberikan atau menampilkan outbound link yang berelevansi dengan tema website kita dan bisa diletakkan di posisis sidebar website kita.

Gambar diatas bisa anda pakai dan anda gunakan. Tetapi, saat anda membangun link building, usahakan artikelnya original, bukan copy paste. Sehingga, anda memiliki kualitas link yang bagus.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat. Ditunggu komentarmu ya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: